Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 2-3 Bulan | Panduan Lengkap

Dalam merawat anak kucing persia harus diberikan perhatian khusus, apa lagi jika merawat tanpa induk. Ada cara-cara tersendiri dalam merawat anak kucing tersebut. Tapi jika kamu merawat anak kucing persia ini dengan baik, tentu perkembanganya akan tumbuh dengan sehat.

Jadi gimana sih cara merawat anak kucing persia?

Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1 2 3 Bulan

Cara Merawat Anak (Kitten) Kucing Persia

Jangan bingung, karena dalam perawatannya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti :

Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1 2 3 Bulan

1. Menjaga kesehatan induk kucing
Jika kamu punya induknya, kamu harus tetap menjaga kesehatan Induknya terlebih dahulu. Kenapa? Karena anak kucing persia umur 3 bulan kebawah masih menyusui kepada induknya. Jika si Induk terkena penyakit, bisa saja anaknya juga terkena. Berikan asupan makanan yang bagus dan jaga lingkungan tempat tinggal si kucing.

2. Memberikan asupan untuk anak kucing persia
Dalam memberikan asupan yang baik untuk anak kucing, hal seperti susu, air mineral dan makan harus kamu perhatikan.

Susu – Anak kucing persia umur 1-3 bulan biasanya masih menyusui kepada induknya.  Namun jika kamu ingin memberikan susu kepada anak kucing tentu tidak masalah, yang perlu diperhatikan jangan kamu beri susu sapi karena bisa mencret si kucing persia lucu kita. Coba berikan susu formula khusus untuk anak kucing.

Air – Sediakan air untuk minum si anak kucing persia kita, tentu harus bersih airnya. Selain itu tempat air minum juga harus steril dan penempatannya cukup rendah supaya bisa dijangkau oleh kucing. Biasanya si anak kucing yang rewel suka bermain dengan air, menarik-narik tempat air minumnya jadi pilihlah tempat air minum yang cukup berat untuk si kucing agar tidak sampai tumpah.

Makanan – Untuk makanan kucing persia yang masih anak-anak ada pilihan khusus. Perhatikan produk makan yang kamu beli, apakah kategorinya adult (kucing dewasa) atau kitten (anak kucing). Jika untuk anak kucing persia, tentu kamu harus membeli yang kategori kitten.

3. Memberikan tempat tinggal yang baik
Perhatikan apakah kamu punya tempat tinggal yang nyaman untuk anak kucing persia punyamu. Jangan dianggap sepele karena bisa saja anak kucing persia akan terkena penyakit. Tempat tinggal si kucing harus bersih, tempatnya juga harus hangat karena tubuh mereka yang masih kecil dan bulunya belum lebat Anda bisa memberikan lampu atau perlengkapan seperti kain (bisa selimut) supaya menjaga kehangatan mereka.

Jangan lupa, berikan tempat yang cukup luas untuk pergerakan mereka. Anak kucing persia yang berumur 3 bulan biasanya masih sangat lincah dan ingin bermain-main. Selain itu jangan sampai tempat tinggalnya lembab.

4. Berikan vaksin dan obat
Salah satu poin yang penting dalam memelihara anak kucing persia ialah kamu jangan lupa memberikan obat seperti obat cacing maupun vaksin yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kucing. Jika kamu bertanya bagaimana cara memberi vaksin kepada kucing, saya sarankan untuk pergi ke dokter hewan saja agar sesuai aturan dan kucing tidak terancam.

5. Siapkan fasilitas pembantu
Demi kenyamanan si kucing mungil ini cobalah untuk memberikan Litter Tray/Box untuk tempat poop anak kucing persia. Jangan gunakan pasir dari kebun, namun gunakan pasir khusus yang sudah dijual di PetShop terdekat. Gunakan alas seperti koran sebelum menaruhkan pasir dalam Litter Tray-nya, taruh di tempat yang terjangkau dan pastikan untuk membersihkannnya secara teratur.

6. Berikan kasih sayang
Kamu bisa memberikan sentuhan lembut kepada si anak kucing persia supaya dia nyaman dan mengenalimu, kemudian jangan lupa beri dia mainan seperti bandul atau mainan khusus kucing lainnya.

Walaupun merawat kitten kucing persia yang berumur 2-3 bulan punya kendala tersendiri dibanding kucing yang lain, namun saat memeliharanya dan melihat ia tumbuh kita dapat mendapatkan rasa senang tersendiri dan bisa meningkatkan mood kita. Jangan lupa untuk share artikel dari KucingPedia.com ini supaya teman-temanmu tahu bagaimana cara memelihara anak kucing persia.

 

Sumber : http://kucingpedia.com/cara-merawat-anak-kucing-persia/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s